Manfaat Jambu Biji Merah


Di Indonesia, jambu biji dikenal dengan berbagai nama, antara lain jambu batu, jambu kluthuk, jambu bighi, jambu bhender, jambu biyawan, dan pethokol.  Dalam dunia pengobatan tradisional, jambu biji dikenal juga dengan nama dipojoyo.


Kandugan Nutrisi Jambu Biji
Manfaat buah jambu biji merah dapat dilihat  dari kandungan nutrisinya. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, bahkan lebih tinggi daripada kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk dan mangga yang sering dipakai sebagai ikon vitamin C.
Dalam 100 mg jambu biji terdapat 87 mg vitamin C. Pada jumlah yang sama hanya terdapat 49 mg vitamin C dalam jeruk dan 30 mg vitamin C di dalam mangga.


Jambu biji juga memiliki kandungan serat yang tinggi, yaitu 4,1 mg per 100 gr. Cara terbaik mengkonsumsi jambu biji adalah tanpa mengupas kulitnya. Pada kulit jambu biji inilah terdapat sebagian besar serat.
Selain itu kandungan vitamin C juga banyak tersimpan di daging buah yang berada dekat dengan kulit.


Manfaat Buah Jambu Biji
Berikut manfaat buah jambu biji merah bagi kesehatan tubuh:
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
Jambu biji mengandung banyak vitamin C dan sejumlah asam amino penting, terutama leusin, isoleusin, treonin, fenilalanin, dan valin. Unsur-unsur ini dibutuhkan untuk membangun sel pertahanan tubuh dan memperbaiki kerusakan sel tubuh setelah sakit.
  • Memperlancar pencernaan dan mengobati sembelit
Kandungan serat jambu biji yang tinggi dapat memperlancarkan pencernaan dan mengobati sembelit.
  • Menurunkan kadar kolesterol darah dan gula darah
Jambu biji merah kaya akan serat kasar larut, terutama pektin. Jambu biji merah  mampu mengikat lemak dan gula dalam darah yang berasal dari makanan dan membuangnya ke luar tubuh.
  • Mengendalikan kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus (kencing manis)
Untuk mendapatkan manfaat buah jambu biji merah sebagai pengobat diabetes ini, saatu buah jambu biji yang masih mengkal dipotong-potong lalu direbus dengan 750 ml air hingga tersisa 250 ml saja. Setelah dingin, lalu disaring dan diminum. Sari jambu biji ini diminum dua kali sehari.
  • Mengobati diare
Selain buah jambu biji yang masih muda, daun jambu biji pun dapat digunakan untuk mengobati diare.
  • Membantu pengobatan demam berdarah
Manfaat buah jambu biji merah juga diyakini baik untuk membantu mengobati penderita demam berdarah. Jambu biji yang kaya akan vitamin C ini dapat memulihkan fungsi ketahanan tubuh yang merosot akibat terkena serangan virus demam berdarah.  Akan tetapi, jus jambu biji merah ini sebaiknya hanya digunakan sebagai penunjang pengobatan. Mengingat cepatnya penurunan kondisi tubuh akibat virus demam berdarah, penderita demam berdarah tetap harus ditangani oleh dokter.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar